Tue. 17 September 2024

Kiprah

UPN "Veteran" Jawa Timur

Pemkot Surabaya dan Dekranasda Gelar Produk UPPKA di Kecamatan Gubeng

2 min read

SURABAYA, PETISI.CO – Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar acara Produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Kecamatan Gubeng. Acara ini diadakan pada Selasa, 6 Agustus 2024, di Alun-alun Balai Pemuda Surabaya.

Kolaborasi ini juga melibatkan Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Jawa Timur, yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya selama delapan tahun untuk mendukung program UPPKA. Ketua Dekranasda Kota Surabaya, Rini Indriyani, mengapresiasi kerjasama tersebut, yang setiap tahunnya melibatkan pendampingan selama tiga bulan. “Terima kasih kepada seluruh Tim UPN yang selalu mendampingi,” ujar Bunda Rini.

Bunda Rini menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak, terutama para akseptor program dan keluarga mereka. Menurutnya, keputusan untuk menjadi akseptor adalah proses yang membutuhkan banyak pertimbangan bersama keluarga.

Ia juga mencatat bahwa peserta tahun ini lebih muda dibandingkan tahun sebelumnya, yang menunjukkan perkembangan positif. Program ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam menurunkan angka stunting.

Dalam penjelasannya, Bunda Rini menyatakan bahwa stunting bukan hanya akibat dari kurangnya gizi, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti usia ibu saat hamil, jarak antar kehamilan, dan jumlah kehamilan. Oleh karena itu, program UPPKA berfokus pada perencanaan keluarga yang baik.

Pada kesempatan ini, UPPKA menampilkan produk pangan alternatif yang kaya gizi, termasuk yang diperkaya dengan protein hewani. “Saya berharap dinas terkait dapat membantu UMKM ini memasarkan produk mereka melalui platform seperti e-Peken atau Surabaya Kriya Gallery (SKG),” tambahnya.

Ketua Pusat Program Studi Ekonomi dan Sosial UPN Veteran Jawa Timur, Ignatia Martha, yang juga merupakan Ketua Tim Pembina UPPKA, menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah berlangsung. Martha menjelaskan bahwa acara ini merupakan puncak dari pendampingan dan pelatihan selama tiga bulan, yang tahun ini difokuskan pada pangan sehat non-beras dengan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat alternatif.

Martha berharap program ini dapat terus berlangsung dan memberikan dampak positif bagi ibu-ibu di Kecamatan Gubeng. Selain itu, acara ini juga menampilkan berbagai produk inovatif dari 10 kelompok UPPKA, seperti Dimsum Ubi Ungu, Lengkong (Lapis Legit Singkong), dan Kroket Singkong Kelor, yang ditampilkan dalam fashion show.

Selain itu, Pemkot Surabaya memberikan penghargaan kepada Tim Pusat Studi Ekonomi dan Sosial UPN Veteran Jawa Timur atas peran mereka sebagai pembina UPPKA Kecamatan Gubeng. (dvd)

Sumber : https://petisi.co/pemkot-surabaya-dan-dekranasda-gelar-produk-uppka-di-kecamatan-gubeng/